Manfaat Tumbuhan Herbal Temulawak untuk Kesehatan

Manfaat Tumbuhan Herbal Temulawak untuk Kesehatan

Temulawak (Curcuma xanthorhiza roxb) yang termasuk dalam keluarga Jahe (zingiberaceae), Temulawak ini sebagai Tumbuhan obat asli Indonesia. Namun demikian Penyebaran Tumbuhan Temulawak banyak tumbuh di pulau Jawa, Maluku dan Kalimantan. Karakteristik Temulawak tumbuh sebagai semak tanpa batang. Mulai dari pangkalnya sudah berupa tangkai daun yang panjang berdiri tegak. Tinggi Tumbuhan antara 2 m s/d 2,5 m. Daunnya panjang bundar seperti daun pisang yang mana pelepah daunnya saling menutup membentuk batang. Tumbuhan ini Bisa tumbuh Fertile di dataran rendah dengan ketinggian 750 m diatas permukaan tanah dan bisa dipanen setelah 8-12 bulan dengan ciri-ciri daun menguning seperti mau mati.
Umbinya akan tumbuh di pangkal batang berwarna kuning gelap atau coklat muda dengan diameter panjang 15 cm dan 6 cm, baunya harum dan sedikit Getir agak pedas. temulawak sudah lama digunakan dengan cara turun temurun oleh nenek moyang kita untuk mengobati sakit kuning, diare, maag, perut kembung dan pegal-pegal. Terakhir juga Bisa dimanfaatkan untuk menurunkan lemak darah, mencegah penggumpalan darah sebagai antioksidan dan memelihara kesehatan dengan melonjakkan daya kekebalan tubuh. Dengan banyak manfaat yang nyata dengan cara medis tersebut maka pemerintah mencanangkan “Gerakan Minum Temulawak” sejak 2 tahun yang lalu. Penelitian-penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa curcumin Bisa bermanfaat di beberapa kondisi berikut: 1. DispepsiaCurcumin menstimulasi kandung empedu untuk lebih produktif. suatu penelitian menunjukkan bahwa konsumsi turmeric Bisa mengatasi gejala kembung. di kesehatan anak, Bisa membantu melancarkan proses pencernaan. 2. KankerPenelitian di Fauna menunjukkan bahwa curcumin Bisa mencegah beberapa tipe kanker, termasuk prostat, payudara, kulit, dan usus besar. Imbas tersebut mungkin Bisa dicapai di karenakan curcumin merupakan antioksidan yang kuat, melindungi sel dari kerusakan. Namun, diperlukan penelitian yang lebih jauh mengenai hal ini. Kanker sebaiknya tetap ditangani dengan terapi konvensional. untuk kesehatan anak, manfaat kesehatan ini sangatlah bermanfaat sebagai antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh guna mendukung tumbuh kembang anak. 3. Infeksi bakteri dan virusPenelitian di laboratorium dan di Fauna menunjukkan bahwa curcumin Bisa membunuh bakteri dan virus. Namun, para peneliti belum Bisa membuktikan Imbas yang sama Bisa ditemukan di manusia. di masa pertumbuhan anak, proses infeksi bakteri dan virus berpotensi mengganggu kelancaran dan optimalisasi pertumbuhan anak. Dengan curcumin yang membantu menekan angka risiko infeksi, maka curcumin Bisa membantu kelancaran pproses pertumbuhan dan perkembangan anak. 4. Uveitissuatu penelitian tahap awal menunjukkan bahwa curcumin Bisa membantu menangani uveitis, suatu peradangan di mata. di penelitian yang melibatkan 32 orang dengan uveitis kronik anterior tersebut, curcumin dikatakan mempunyai efektivitas yang sama dengan kortikosteroid yang biasa diberikan. Pertumbuhan anak akan lebih optimal dengan terhindarkan dan terbantu dari paparan kondisi uveitis.
 
Banyak Tips mengolah temulawak, kebanyakan mengolahnya menjadi jamu. Tapi, terkadang rasa Getir itu ada saat dikonsumsi. Berikut merupakan Tips yang Bisa kita lakukan untuk mengolah temulawak menjadi jamu untuk mengobati berbagai penyakit:
 
1. Sakit Limfa
Bahan: 2 rimpang temulawak, 1/2 rimpang lengkuas, 1 genggam daun meniran.
Tips membuat: temulawak dan lengkuas diparut, setelah itu semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air hingga mendidih, dan disaring.
Tips memakai: diminum 1 kali sehari 1 cangkir.
 
2. Sakit Ginjal
Bahan: 2 rimpang temulawak, 1 genggam daun kumis kucing, 1 genggam daun kacabeling.
Tips membuat : temulawak diiris tipis-tipis, setelah itu direbus bersama dengan bahan lainnya dengan 1 liter air, dan disaring.
Tips memakai: diminum selama 3 hari.
 
3. Sakit Pinggang
Bahan: 1 rimpang temulawak, 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari, 1 genggam daun kumis kucing.
Tips membuat : semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air, dan disaring.
Tips memakai: diminum 1 kali sehari 1 gelas.
 
4. Mengobati Asma
Bahan: 1 1/2 rimpang temulawak, 1 potong gula aren.
Tips membuat: temulawak diiris tipis-tipis dan dikeringkan. Setelah kering direbus dengan 5 gelas air ditambah 1 potong gula aren hingga mendidih hingga tinggal 3 gelas, setelah itu disaring.
 
5. Sakit Kepala dan masuk angin
Bahan: beberapa rimpang temulawak.
Tips membuat: temulawak diiris tipis-tipis, dikeringkan dan ditumbuk halus menjadi tepung. Anemia lebih 2 genggam tepung temulawak direbus dengan 4-5 gelas air hingga mendidih hingga tinggal 3 gelas, setelah itu disaring disaring.
 
6. Mengobati Sakit Maag
Bahan: 1 rimpang temulawak.
Tips membuat: temulawak diiris tipis-tipis dan diangin-anginkan sebentar, setelah itu direbus dengan 5-7 gelas air hingga mendidih, dan disaring.
Tips memakai: diminum 1 kali sehari 1 gelas.
 
7. Sakit perut, Sakit perut di waktu haid
Bahan: 1 rimpang temulawak, 3 buah mata asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya.
Tips membuat: temulawak diparut, setelah itu direbus bersama bahan lainnya dengan 3-4 gelas air hingga mendidih hingga tinggal 2 gelas.
Tips memakai: diminum 2 kali sehari 1 cangkir, pagi dan sore.
 
8. Menghilangkan bau amis sewaktu haid
Bahan: 1 rimpang temulawak, 5 buah mata asam, 1 potong gula kelapa.
Tips membuat: temulawak diiris tipis-tipis dan diangin-anginkan, setelah itu bersama bahan lainnya ditaruh dalam waskom (rantang/ panci), diberi 2 gelas air Hot dan ditutup rapat selama Anemia lebih 15 menit, dan disaring.
Tips memakai : diminum 3 kali, 1 kali sehari.
 
9. Memperbanyak produksi ASI
Bahan: 1 1/2 rimpang temulawak, dan tepung saga secukupnya.
Tips membuat: temulawak diparut, setelah itu kedua bahan tersebut dicampur dan ditambah air Hot secukupnya sehingga menjadi bubur.
Tips memakai : dimakan biasa.
 
10. Memacu ASI yang macet
Bahan: 1 1/2 rimpang temulawak diparut, 1 potong gula kelapa, 2-3 sendok makan adonan sagu.
Tips membuat : temulawak diparut, setelah itu bersama bahan lainnya direbus dengan 1 liter air hingga mendidih dan disaring.
Tips memakai : diminum 2 kali sehari 1 cangkir dengan cara teratur.
 
11. Kesulitan buang air besar/berak
Bahan: 1 rimpang temulawak, 3 buah mata asam, 1 potong gula kelapa.
Tips membuat : temulawak diiris tipis-tipis dan diangin-anginkan hingga kering, setelah itu bersama bahan lainnya diseduh dengan air Hot secukupnya dan disaring.
Tips memakai: diminum biasa.
 
12. Mengobati Sembelit
Bahan: 1 rimpang temulawak dan biji sawi secukupnya.
Tips membuat : kedua bahan tersebut ditumbuk hingga halus, setelah itu diseduh dengan air Hot secukupnya dan disaring.
Tips memakai : diminum biasa.
 
13. Menambah nafsu makan
Bahan: 2 rimpang temulawak, 1/4 rimpang lengkuas, 1/2 genggam daun meniran.
Tips membuat : semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih hingga tinggal 2 gelas, setelah itu disaring. 
Tips memakai : diminum 2 kali sehari 1/2 gelas.
 
14. Radang sendi, Rematik, Pegal linu 
Bahan: 25 gr rimpang temulawak, 30 gr jahe merah. Tips membuat : Rebus dengan 400 cc air hingga tersisa 0 cc, setelah itu disaring. Tips memakai : diminum
 
15. masalah Lever 
Bahan: 25 gr rimpang temulawak, 30 gr daun serut/mirten. Tips membuat : Rebus dengan 0 cc air hingga tersisa 300 cc, setelah itu disaring. Tips memakai : diminum selagi hangat
 
16. Mengobati Batuk dan radang saluran nafas 
Bahan: 25 gr rimpang temulawak di parut. Tips membuat : Tambahkan air matang secukupnya, setelah itu disaring, tambahkan madu, tambah perasan 1 buah jeruk nipis. Tips memakai : diminum
 
17. Radang Kandung empedu 
Bahan: 30 gr rimpang temulawak di iris-iris. Tips membuat : Rebus dengan 500 cc air hingga tersisa 0 cc, setelah itu disaring. Tips memakai : diminum
 
18. Mengatasi batu empedu 
Bahan: 25 gr rimpang temulawak, 30 gr menira dan gula aren secukupnya. Tips membuat : Rebus dengan 500 cc air hingga tersisa 0 cc, setelah itu disaring. Tips memakai : diminum
 
19. Menurunkan kadar Kolesterol tinggi 
Bahan: 20 gr rimpang temulawak kering di tumbuk halus. Tips membuat : seduh dengan air Hot secukupnya. Tips memakai : diminum selagi hangat
 
20. Radang Lambung 
Bahan: 30 gr rimpang temulawak dipotong kecil-kecil. Tips membuat : Rebus dengan 500 cc air hingga tersisa 0 cc, setelah itu disaring. Tips memakai : diminum  21. Menghilangkan JerawatBahan: Siapkan temulawak sebanyak satu jari. Cuci dan kupas setelah itu geprek hingga memar. Tips membuat: Rebus dalam panci yang berisi air 4 gelas. Rebus terus hingga hanya tersisa separonya aja. Tips memakai: dinginkan, dan minum air ini sehari 2 kali yaitu pagi dan sore harinya (sekali minum satu gelas aja).  22. Cacar airBahan: rimpang 1,5 diiris tipis-tipis dan dikeringkan. Tips membuat: rebus dengan 1 liter air dan ditambah buah asam satu tangkai. Setelah mendidih dinginkan, saring. Tips memakai: minum sehari 2 kali sehari 1 cangkir.  23. SariawanBahan: temulawak 1 rimpang diiris tipis-tipis dan dikeringkan. Tips membuat: rebus dengan 2 gelas air dan ditambah buah asam 3 mata dan 1 potong gula aren, saring. Tips menggnakan: minum sehari 2 kali sehari 1 cangkir.  24. Bau badanBahan: rimpang 1 ditumbuk. Tips membuat: direbus dengan 1 liter air, saring. Tips memakai: minum 2 kali sehari 1 cangkir. (Saran 3 x 1 kapsul per hari). 25. HepatitisKhasiat dan manfaat temulawak untuk hepatitis. Rimpang temulawak segar sebesar 2 jari dikupas kulitnya lalu diparut. Tambahkan air Hot sebanyak 1/2 cangkir dan 1 sendok madu. Aduk campuran tadi hingga merata lalu dibirakan mengendap. Minum beninggannya, ampasnya dibuang. Lakukan 2 kali sehari, hingga sembuh.Rebus 10g rimpang temulawak kering dan 30g akar alang-alang (Imperata cylindrica) dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari. 26. WasirSediakan rimapang temulawak sebesar jari, kelembak (Rheum officinalle Baill.) sebesar 3/4 jari, 1 genggam pegagan (Centella asiatica L), 1 genggam daun saga (Abrus precatoris L) dan gula neau sebesar 3 jari. Cuci bahan-bahan tersebut, lalu potong-potong seperlunya. Selanjutnya, rebus bahan-bahan tersebut dalam 5 gelas air Higienis hingga tersisa kira-kira separuhnya. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sehari 3 kali, masing-masing 1/3 bagian. Lakukan pengobatan ini setiap hari. 27. DiareCuci rimpang temulawak sebesat 1/2 ibu jari, lalu panggang hingga hangus. Selanjutnya giling bahan tersebut hingga halus, lalu seduh dengan 1/2 cangkir air Hot. Tambahkan 1 sendok makan madu sambil aduk hingga merata, lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari hingga sembuh. 28. DemamRebus 1 jari rimpang temulawak yang telah diiris tipis-tipis dan 5 batang meniran dengan akarnya dalam 5 gelas air Higienis hingga tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan air saringannya Dikotomi untuk 3 kali minum, pagi, siang dan sore hari.
Sumber: dari berbagai sumber.
Demikian Artikel Seputar Tumbuhan Herbal Temulawak, Semoga Bermanfaat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Manfaat Tumbuhan Herbal Temulawak untuk Kesehatan"

Posting Komentar