Manfaat dan khasiat sayur daun kale Untuk Kesehatan

Manfaat dan khasiat sayur daun kale Untuk Kesehatan

 
 
Kale yaitu Sesuai sayuran, yang mungkin Anemia familier ditelinga Kita. Namun kale ini yaitu sayuran yang sangat populer dinegara-negara Eropa, Amerika,  dan Jepang. 
 
Kale merupakan sayuran hijau yang kaya akan vitamin, mineral, dan fitonutrien yang Bisa menangkal beragam penyakit.
 
Di Indonesia mencari daun kale bahkan sudah mulai gampang. Artis Cathy Sharon lewat akun Instagramnya mengabarkan kalau ia kini mempunyai usaha menjual daun kale. 
 
Teksturnya yang renyah membuat daun kale banyak digunakan sebagai bahan pembuat keripik sayur. saat menjadi keripik, banyak anak-anak yang tak akan kesulitan melahapnya pula. Kaum ibu otomatis menggemari sayuran ini.  Kultivar kale terbagi atas:
  • Kale keriting (kale Scots, curly-leaved, contohnya kale green curled pendek)
  • Kale rata (tak akan rata-rata amat sih, atau lebih tepatnya disebut aja daun biasa atau ‘normal’ supaya tak akan ambigu, contoh yang berdaun normal yaitu jenis kale red russian)
  • Kale rape 
  • Kale leaf as well as spear (gabungan antara daun rata dan daun keriting)
  • Cavolo nero (diketahui juga sebagai Tuscan Kale, Tuscan Cabbage, Kale Dinosaurus, Lacinato. Sama dengan leaf as well as spear)
  • Ada juga kale yang sangat tinggi. Kale dengan kultivar ini disebut juga Kale Jersey atau cow cabbage (kubisnya sapi).
Semua kultivar-kultivar tersebut Bisa tumbuh dengan bagus di musim salju, Disorientasi satu alasan mengapa kale demikian populer. Bahkan konon katanya kale yang terkena salju atau terlebih dahulu dibekukan, rasanya lebih enak dan lebih manis dibanding biasa. Kale yang daunnya muda sering ditambahkan di salad.
 
Kandungan Nutrisi Dalam Kale
Kale sangat bernutrisi di karenakan mengandung kandungan zat-zat bermanfaat seperti beta karoten, vitamin K, vitamin C, kalsium, yang kadarnya sangat tinggi sekali dibanding sayuran biasa. Kale, sama halnya dengan brokoli dan Brassica lainnya, juga mengandung zat anti kanker. Zat anti kanker tersebut dinamakan sulforaphane yang ternyata muncul saat sayuran dipotong.
 
mengenai zat anti kanker ini, ternyata merebus sayuran pembawa sulforaphane malah menurunkan level nya, namun mengukus, masukkan di microwave, atau tumis, tak akan terlalu menurunkan levelnya. Terlebih lagi saat dimakan atau dijus mentah.
 
Kebanyakan kale merupakan Tumbuhan annual atau biennual (umurnya setahunan atau dua tahunan). Kale ditumbuhkan dari biji layaknya sayuran di umumnya.
 
Manfaat dan kandungan gizi sayur Kale untuk Kesehatan:
 
Manfaat antioksidan
 
Kale yaitu sayuran dengan kandungan zat antioksidan yang tinggi dan lengkap. Meskipun berwarna hijau, sayuran keriting ini yaitu sumber betakaroten yang tinggi, lutein , dan zeaxanthin. Zat tersebut yaitu Flavonoid yang mempunyai sifat antioksidan dan antikanker yang kuat. Betakaroten yaitu provitamin A, yang akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.
 
Mengandung Omega 3
 
Asam lemak Omega 3 akan membagikan manfaat anti-inflamasi, mengurangi peradangan di pembuluh darah dan sendi, kesehatan otak, dan penting untuk kesehatan dengan cara Keseluruh. Hanya satu cangkir kale akan membagikan kira-kira 10% dari kebutuhan harian omega 3 yang disarankan.
 
Tinggi Vitamin C
 
Selama ini orang mengenal sumber alami tertinggi vitamin C yaitu buah jeruk. Akan akan tetapi ternyata kale ini lebih tinggi kandungan vitamin C nya daripada jeruk, yaitu 100 g daun segar mengandung 0 mg atau setara dengan 0 % dari kebutuhan harian vit C yang disarankan. Vitamin C merupakan antioksidan kuat, yang membantu tubuh untuk mengembangkan kekebalan terhadap agen infeksi dan anti radikal bebas.
 
Kesehatan mata yang bagus
 
Sayuran ini sangat kaya akan vitamin A, yaitu 100 g daun kale segar membagikan 512 % kebutuhan perhari yang disarankan. Vitamin A diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan selaput lendir, kulit dan terutama sangat penting untuk penglihatan. Boga yang kaya vitamin A dikenal akan membagikan perlindungan terhadap kanker paru-paru dan kanker rongga mulut. Zeaxanthin yaitu karotenoid penting, yang dengan cara selektif diserap ke dalam macula lutea retina di mata untuk filtering antioksidan dan pelindung mata. Dengan demikian akan membantu kita untuk mencegah ablasi retina dan perlindungan dari katarak di orang tua.
 
Sumber Vitamin K
 
Kale yaitu Disorientasi satu sumber vitamin K yang bagus, 100 g sayuran ini menyediakan sekitar 700 % dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Vitamin K berperan terhadap kesehatan tulang dengan Tips mempromosikan osteotrophic (pembentukan dan penguatan tulang). Vitamin K juga dibutuhkan tubuh untuk mencegah penggumpalan darah, yang Bisa menyebabkan kerusakan saraf di otak. Dengan demikian sangat berperan dalam pengobatan pasien yang menderita penyakit Alzheimer.
 
Sumber kaya B kompleks
 
Sayuran berdaun hijau ini juga banyak mengandung beberapa vitamin dari B-kompleks,  seperti niacin , vitamin B – 6 (pyridoxine) , thiamin , asam pantotenat , dll , yang penting untuk metabolisme substrat dalam tubuh. Baca juga: Manfaat vitamin B kompleks
 
Sumber mineral tinggi
 
Sayur berdaun keriting ini juga dikenal kaya kandungan mineral seperti tembaga , kalsium, natrium, kalium, zat besi, mangan, dan fosfor. Kalium merupakan senyawa penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah dengan Tips melawan Imbas sodium. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai kofaktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Zat besi diperlukan untuk pengangkutan oksigen ke seluruh sel tubuh dan pembentukan sel darah merah.
 
Tinggi Kalsium
 
Kale yaitu jenis sayuran yang tinggi mengandung kalsium, yang biasanya banyak terdapat dalam susu. Kalsium bermanfaat untuk tubuh terutama untuk kesehatan tulang. bila kekurangan kalsium, maka tubuh akan mengambilnya dari tulang. Dengan demikian kekurangan kalsium akan memperbesar peluang untuk osteoporosis.
 
Kale menawarkan pencegahan kekurangan vitamin A, vitamin C, vitamin B, osteoporosis, anemia, dan dipercaya Bisa melindungi kita dari penyakit jantung, kanker usus besar dan kanker prostat.
Lebih bagus dikonsumsi dengan Boga sehat
Kale mempunyai cukup manfaat akan tetapi tubuh kita Bisa mendapatkan keuntungan lebih bila kita memasangkan kale kita dengan Boga sehat lainnya. Misalnya bersama dengan lemak sehat, seperti minyak zaitun, alpukat, atau mentega almond. 
 
Mencegah kanker
Dalam suatu artikel yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Prevention Research mencatat bahwa kale mengandung tingkat tertinggi untuk mencegah pencegahan, seperti fitonutrien glukosinolat. Hal ini Bisa melindungi terhadap perkembangan tumor serta blok enzim yang terkait dengan kanker.
 
Mudah beradaptasi
Sayuran ini Bisa disajikan bersama Boga lainnya. Lebih bagus lagi bila mencampur kale dengan omelet ke dalam sarapan. kita juga Bisa mencampurkannya dalam salad untuk makan siang. Untuk makan malam kita Bisa menyajikannya bersama dengan ikan atau ayam. Kale juga Bisa dijadikan camilan seperti keripik kale.
 
Membantu selama masa kehamilan
 
Kaya akan kalsium dan zat besi, kale sangat dibutuhkan wanita semasa kehamilan untuk melonjakkan produksi ASI dan perkembangan janin. Asam folat (vitamin B9) nya juga memainkan peranan penting untuk sistem saraf bayi.
 
Mencegah kanker payudara
 
Kale mempunyai sifat menangkal kanker payudara dengan mengontrol estrogen dalam tubuh. Anti oksidan dan anti inflamasi (peradangan) saling bekerja sama untuk menyingkirkan berbagai macam penyakit kanker.
 
bagus untuk kulit
 
tak akan hanya obat untuk penyakit, kale juga mempunyai sifat bagus menjaga kecantikan kulit. Hijau daun, antioksidan, zat besi, vitamin C, dan E yang mendorong produksi kolagen pencegah keriput.
 
Menurunkan berat badan
 
Mengunyah satu lembar daun kale mentah sama dengan membakar 34 kalori. Serat sebanyak 1,3 gram di selembar kale mampu mencukupi kebutuhan serat yang membuat kita kenyang lebih lama dan melancarkan metabolisme. 
 
Membuat rambut sehat
 
Kale juga mempunyai manfaat untuk Estetika rambut kita. Zat besi yang terkandung membuat rambut lebih kuat dan lebih Fast tumbuh. Memperlancar Pencernaan Kale Bisa melancarkan sistem pencernaan sehingga terhindar dari sembelit dan mengatasi susah buang air. Hal ini dikarenakan kandungan serat tinggi, rendah kalori dan lemak dalam sayuran kale. Selain itu, ada pula kandungan vitamin folat, nutrien dan magnesium. Mencegah Anemia dan Melancarkan Sirkulasi Darah Dalam Tubuh Tingginya zat besi dalam kale yang melebih jumlah zat besi dalam daging sangat bagus untuk mencegah terjadinya anemia. Selain itu, zat besi juga dibutuhkan untuk membentuk enzim dan hemoglobin yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh, sehingga sirkulasi darah menjadi lancar. Mencegah Penyakit Alzheimer Kale mempunyai kandungan vitamin K yang tinggi. Kandungan tersebut sangat diperlukan untuk mencegah pembekuan darah, sehingga resiko terkena penyakit Alzheimer Bisa berkurang. Selain itu, vitamin K juga bermanfaat dalam proses pembentukan tulang, terutama untuk anak-anak di usia pertumbuhan. Mengatasi Penyakit Arthritis untuk penderita penyakit arthritis Bisa diobati dengan sayuran kale yang dibuat sup. Dalam sayuran kale mempunyai kandungan senyawa anti inflamasi dan omega-3 sebanyak 10%. Selain itu, sup kale juga mampu mengobati penyakit autoimun dan asma.
 
 
Harap Diperhatikan:
 
"Daun kale ini memang penuh manfaat namun juga mempunyai Hepotenusa kelam. Sebelumnya wajib dipahami dulu kalau daun kale termasuk dalam golongan sayuran cruciferous, seperti contohnya brokoli dan kembang kol", jadi supaya diperhatikan:
  • Jangan mengonsumsi kale Lebih di karenakan Bisa menyebabkan kembung, gas dan sembelit. 
  • Kale juga mengandung banyak pestisida, sehingga lebih bagus membeli kale organik. 
  • Sayuran tipe ini mengandung glucosinolate yang Bisa memperbesar kelenjar tiroid. Ahli endokrin, Dr Jeffrey Garber, mengatakan relasi antara daun kale dan tiroid sebenarnya sederhana. Katanya, mungkin tak akan bijak Bisa dengan cara jangka panjang mengkonsumsi daun kale mentah dalam jumlah banyak setiap hari. Ia melanjutkan, tapi seandainya pun itu dilakukan kemungkinan besar kita tak akan akan jatuh sakit. 
  • Daun kale mengadung oksalat. Sehingga, mereka yang berisiko terkena batu ginjal sering disarankan membatasi sayuran kale dan sayuran serta buah lain yang tinggi kandungan oksalatnya. Contohnya, bit hijau, okra, bayam, hingga swiss chard. 
Bahaya menyantap daun kale pun boleh dibilang sangat kecil. Kecuali bila kita mempunyai masalah dengan kelenjar getah bening atau batu ginjal, berarti daun kale bukan superfood yang tepat.
 
Sumber: dari berbagai sumber.Demikian Artikel Seputar Manfaat dan khasiat sayur daun kale, Semoga Bermanfaat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Manfaat dan khasiat sayur daun kale Untuk Kesehatan"

Posting Komentar